Siapa pemilik Saluran 4?  |  Matahari

Siapa pemilik Saluran 4? | Matahari

CHANNEL 4 telah hadir di layar kami sejak tahun 1982 – menghadirkan segala hal mulai dari drama hingga dokumenter ke rumah kita.

Tapi siapa pemilik Channel 4? Inilah semua yang perlu Anda ketahui…

1

Saluran 4 didirikan pada tahun 1982Kredit: AFP – Getty

Siapa pemilik Saluran 4?

Channel Four Television Corporation didirikan pada tahun 1982 berdasarkan Undang-Undang Parlemen.

Channel 4 adalah perusahaan publik nirlaba dan tidak memiliki pemegang saham.

Dewan ditunjuk oleh regulator televisi – Ofcom – dengan persetujuan Menteri Digital, Kebudayaan, Media dan Olahraga.

Pada bulan April 2022, kepala eksekutifnya adalah Alex Mahon dan ketuanya adalah Sir Ian Cheshire.

Berbeda dengan BBC, Channel 4 tidak menerima pendanaan publik dan dibiayai sepenuhnya oleh aktivitas komersialnya sendiri.

Sebagian besar pendapatannya berasal dari pendapatan iklan.

Sebagai penerbit penyiaran, Channel 4 menugaskan konten Inggris dari sektor produksi independen dan saat ini bekerja dengan sekitar 300 perusahaan kreatif di seluruh Inggris setiap tahunnya.

Acara pertama yang ditayangkan di saluran tersebut adalah acara permainan Countdown pada tanggal 2 November 1982.

Apakah pemerintah menjual Channel 4?

Setelah berkonsultasi, para menteri memutuskan bahwa masa depan terbaik bagi Channel 4 adalah melanjutkan penjualan.

Meskipun lembaga penyiaran tersebut menyatakan kecewa dengan keputusan tersebut dan Partai Buruh menggambarkan tindakan tersebut sebagai “vandalisme”, pemerintah memutuskan untuk terus melanjutkan rencana privatisasi Channel 4.

Menteri Kebudayaan Nadine Dorries menjelaskan: “Perubahan kepemilikan akan memberikan Channel 4 alat dan kebebasan untuk berkembang dan sejahtera sebagai lembaga penyiaran layanan publik di masa depan.”

Menanggapi pengumuman tersebut, juru bicara lembaga penyiaran tersebut mengatakan: “Dengan lebih dari 60.000 masukan yang diajukan ke konsultasi publik Pemerintah, sangat mengecewakan bahwa pengumuman hari ini dibuat tanpa secara resmi mengatasi kekhawatiran signifikan mengenai kepentingan publik yang telah dikemukakan.”

Mereka melanjutkan dengan mengatakan bahwa harus ada “proses legislatif dan perdebatan politik yang berkepanjangan”, dan menjelaskan: “Saluran 4 tetap berkomitmen secara hukum terhadap mandat pelayanan publiknya yang unik.

Siapa calon pembeli Channel 4?

Raksasa TV AS Paramount dan Discovery dikatakan bergabung dengan ITV dan Sky dalam membeli Channel 4 seharga £1 miliar

Ini akan menjadi penjualan aset milik negara terbesar sejak Royal Mail pada tahun 2013 di tengah permusuhan selama bertahun-tahun dengan Tories atas liputan berita sayap kirinya.

Para menteri tidak menutup kemungkinan untuk menjual stasiun televisi tersebut ke luar negeri. Paramount, yang dimiliki oleh raksasa AS Viacom CBS, dan Discovery yang dimiliki bersama oleh Warner Bros, semuanya mempertimbangkan untuk membeli di pasar Inggris.


Data Sidney